Jumat, 01 Mei 2015

Awal Masuk Pondok Pesantren



pengalaman awal masuk pondok pesantren
assalamualaikum,, perkenalkan saya rudianto. disini ane mau berbagi pengalaman nih selama di pesantren. dulu ane tinggal di pondok pesantren al-masyi’ah BERAU, baru kmaren ane lulus. selama 3 tahun disana banyak ilmu yang didapat disana. pada umumnya semua pesantren sama yaitu mendalami ilmu agama.

mungkin tidak semua orang tertarik masuk ke pesantren karena kebanyakan orang membayangkan kehidupan di pesantren itu nggak enak. yaa itulah pemikiran ane sebelum masuk ke pesantren. pada awalnya ane masuk ke pesantren ada berbagai alasan. yang pertama ane sadar kalau ane kurang  ilmu agama. malu dong seorang muslim masa ga mengenal agamanya sendiri. yang kedua karna dirumah juga ga ada temen ane berfikir ane bakalan punya bnyak temen dsna setiap hari sekamar pula, yang terakhir deket dengan sekolah.

sudah memikirkan matang akhirnya ane masuk pesantren. hari d
imana masuk pondok tiba. hari pertama disana memang lumayan sedih. walaupun di kobong (kamar) banyak temen. tapi perasaan meninggalkan orang tua dirumah dan meninggalkan kehidupan yng biasa di rumah memang berat. yang tadinya menggunakan fasilitas lengkap dirumah sekarang engga bisa kaya dirumah lagi. tapi banyak temen-temen ko yang bakal nemenin kita. kita juga bisa sharing ke temen-temen.

sebenarnya orang yang msuk pesantren itu termasuk orang-orang pilihan loh. dari satu kampung aj
ah mungkin cuma 1 atau 2 orang ajah yang msuk pesantren. beruntung deh orang yang tinggal di pesantren sampai lulus. kita juga gak sendirian ko banyak temen juga disana yang baru pertama kali mondok pesantren. mungkin awal masuk pesantren bakalan banyak yang ngerasain gak betah tinggal di pesantren. tapi demi mendapatkan ilmu agama harus sabar ngejalaninnya. ga bakalan sukses klo kita ga ngerasain adanya tantangan. tapi jujur klo kita lagi ngaji ga bakalan inget deh yang namanya rumah itu. yaa mungkin beberapa kali ada.

ga
k bakalan nyesel deh klo masuk pesantren. ilmu nya dapet bnyak temen pula bahkan temen yang rumah nya luar pulau Jawa juga ada. gak bakalan kesepian deh kalo udah bnyak temen dsna. selama 3 tahun di pesantren ngerasain susah senang bareng. itu bakalan terkenang banget. apalagi klo uda dikenal sma ustadzah/ustadznya bakalan gak mau pulang deh. rasanya disana uda kaya rumah sendiri. 3 tahun ane disana sebenernya berat banget ninggalin pondok. bakalan kangen banget sama suasana dsna. tapi yang harus diingat gmna caranya agar kita bisa dikenal sma ustadzah/ustadznya biar keberkahan nya lebih banyak  hhehe. tapi dikenalnya yang baik yaa jangan gara-gara nakal malah dikenal.

lulusan pesantren bakalan beda deh sma anak-anak yang cuma dirumah dari segi ilmunya, akhlaknya, lebih bermasyarakat juga, pintar pidato, bnyak dehh. Ane bersyukur banget pernah tinggal di ponpes. ane juga ga kebayang g
imana kalo ane ga di pesantren terus tnggal diruma dengan pergaulan skarang yang tidak terlalu baik apalagi buat remaja. jujur nikmat terbesar yang pernah ane rasain adalah mendapatkan hidayah  ketika ane mau tnggal di ponpes sampai ane lulus.

itu mungkin sedikit cerita pengalaman ane ketika di ponpes. sebenernya masih banyak lagi hal-hal yang menarik di ponpes. ane mah berharap banget anak-anak muslim Indonesia bisa masuk pesantren. biar ga
k cuma pintar intelektual ajh tapi spiritual nya juga.  aamiin

wassalamu alaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar