Sabtu, 12 November 2016

Amanah Beasiwa

    Saya ingat betul waktu itu adalah puasa ke dua di bulan ramadhan tanggal 8 juni 2016, tanggal yang bikin deg-degan,tanggal yang membuat saya pengen nya buka terus website baznas berau dan wara wiri membuka contoh-contoh soal ujian. hari dimana saya pasrahkan semua ihktiar saya setelah saya mengikuti seleksi beasiswa SKSS. tanggal yang spesial,akhirnya kesempatan ini datang juga,saya lolos seleksi beasiswa SKSS,''alhamdulillah''.
   Tahun 2016 ini bisa dibilang tahun yang berkah untuk saya.setelah lulus dari smk muhammadiyah,sambil mencari pekerjaan,saya juga mengikuti beberapa pelatihan di BTC berau.sebelum mendapatkan besiswa SKSS ini.
   Beasiswa SKSS ini mungkin belum banyak yang mengetahui,jadi beasiswa SKSS ini adalah singkatan dari ''satu keluarga satu sarjana'' beasiswa ini dari BAZNAS yaitu sebuah lembaga badan amil zakat, yang nantinya dapat berguna bagi masyarakat,daerah dan lebaga amil zakat tersebut.selain itu ditujukan untuk menciptakan sarjana berjiwa mandiri yang mampu mengembangkan  wilayahnya sendiri.khususnya kabupaten berau,sebagai solusi perataan pembangunan dan pengurangan konsentrasi kemiskinan.beasiswa ini diperuntukan untuk anak daerah yang secara ekonomi kurang mampu dan di dalam keluarganya belum mempunyai sarjana.kemudian dilakukan peninjauan lapangan menggunakan from survei mustahik guna mendapatkan skor miskin setiap pendaftar.
    Kompenen beasiswa SKSS ini meliputi dana pendidikan (pendaftaran,spp,uang buku dan,wisuda) dan dana non pendidikan ( dana transportasi,dana kedatangan,dan biaya hidup)
   Alhamdulillah dari 50 lebih pendaftar tersisih sebanyak 27 siswa saat seleksi skor miskin. nah selanjutnya diadakan tes tertulis dan wawancara pada 8 juni lalu.dari hasil penjaringan tersebut,terpilihlah 17 siswa dan siswi,12 siswa di STIKES SURYA GLOBALl dan 5 siswa di STEI SEBI termasuk saya sendiri.
   Rachudin Abdurrachman,ketua umum baznas berau dalam pertemuan sebelum pelepasan menuturkan,para penerima beasiswa hendaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan. ''bersyukurlah kalian,karena mendapatkan beasiswa SKSS ( satu keluarga satu sarjana ) ini tidak mudah. karena tahu sendiri,sebelum ini kalian sudah melewati tahap seleksi.jangan sampai kuliahnya malah tidak fokus karena mikir ini dan itui.'' ungkapnya.
   saya dan teman teman beasiswa SKSS wajib menjaga prestasi di atas standar yang telah di tentukan oleh lembaga Baznas berau,baik yang di stei sebi maupun yang di stikes surya global. dan yang terpenting adalah selalu berusaha untuk membahagiakan kedua orang tua.karena jika sudah demikian, maka tujuan hidup jadi jelas.tidak akan membuat malu keluarga.
   demikian cerita saya dalam mendapatkan beasiswa dan info tentang besiswa SKSS,menurut saya besiswa ini adalah keberuntungan sekaligus amanah, jadi saya harus melaksanakan amanah ini, ''karena allah tidak pernah salah meletakkan amanah di pundak siapapun''.

wassalamualikum warohmatullohi wabarokatuh

4 komentar: