Jumat, 18 November 2016

hutankalimantan

pohon tropis tertinggi
Pohon tropis tertinggi di dunia telah ditemukan oleh para ilmuwan. Dan ternyata, pohon tersebut ada di pulau Kalimantan.
Dilansir dari Daily Mail, pohon tersebut memiliki tinggi 94,1 meter, dan diameter 40,3 meter. Jika pohon tersebut dirubuhkan, panjangnya 3 kali lipat lebih panjang dari ukuran paus biru. Pohon ini berjenis meranti kuning.
Pohon tertinggi ini diapit oleh banyak sekali pohon-pohon berdiameter kecil, namun memiliki tinggi yang menjulang. Hampir semua pohon yang mengelilingi pohon ini berjenis meranti kuning yang mencapai tinggi hampir 90 meter.
Namun, jika Anda berpikir pohon ini ada di Indonesia, Anda salah. Menurut Gregory Asner dari Carnegie Institution for Science Stanford University, yang menobatkan pohon ini sebagai pohon tropis tertinggi di dunia, pohon ini terletak di provinsi Sabah, Malaysia
Pohon ini ditemukan dengan menggunakan teknologi lidar, sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan berbagai informasi dari jauh. Teknologi ini diletakkan di sebuah pesawat.
Selain pohon tropis tertinggi di dunia, Carnegie Airborne Observatory juga mendapatkan citra dari kondisi hutan, habitat binatang, stok karbon, dan keanekaragaman hayati, hanya melalui sensor yang secara presisi bisa mengukur tinggi, tekstur, bahkan senyawa kimia dan spesies dari makhluk hidup di hutan tersebut.
Program ini didanai oleh PBB melalui UNI Development Programme, dan juga sutradara James Cameron yang punya perhatian lebih terhadap lingkungan.
Pohon meranti kuning ini memang tertinggi dalam kategori pohon tropis. Namun ia masih kalah dengan pohon tertinggi di dunia yang berada di Redwood National Park di California. Pohon yang berjenis coast redwood ini, mencapai tinggi 115 meter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar